Easiest Way to Prepare Tasty Gudeg nangka khas yogyakarta

Gudeg nangka khas yogyakarta. Resep Gudeg Nangka Muda khas Yogyakarta, Gampang Banget! Membuat Gudeg Nangka Muda ini tak sesulit yang kita pikirkan! Gudeg komplet Khas Yogyakarta berisi gudeg, ayam kampung, tahu, dan sambal krecek yang nikmat.

Gudeg nangka khas yogyakarta Tepat di teras sebuah rumah kayu sederhana, Anda akan. Gudeg merupakan makanan manis gurih yang sekaligus menjadi kuliner khas kota Yogyakarta. Saat itu, terdapat banyak sekali pohon nangka. You can cook Gudeg nangka khas yogyakarta using 17 ingredients and 2 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Gudeg nangka khas yogyakarta

  1. You need 1/2 kg of nangka muda potong2.
  2. Prepare 4-5 butir of telur rebus (kupas).
  3. You need 1/4 gr of tetelan rebus sampai empuk.
  4. It's 80 gr of gula merah sisir boleh dilebihkan/dikurangi.
  5. Prepare 1 Sachet of santan kara.
  6. It's 500 Ml of air.
  7. You need Secukupnya of garam.
  8. Prepare Secukupnya of penyedap/micin (saya kaldu jamur).
  9. Prepare of Bahan bumbu.
  10. Prepare 5 siung of bawang merah (haluskan).
  11. You need 2 siung of bawang putih (haluskan).
  12. It's 1/2 sdm of ketumbar bubuk.
  13. It's 4 butir of kemiri (haluskan).
  14. It's 1 batang of sereh (geprek).
  15. It's Sejempol of lengkuas (geprek).
  16. You need 3 lembar of daun salam.
  17. You need 2 lembar of daun jeruk.

Buahnya yang masih muda disebut gori. Saking banyaknya, makanan olahan dari nangka muda ini harus diaduk menggunakan alat seperti dayung. Gudeg (ejaan bahasa Jawa: Gudheg) adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini.

Gudeg nangka khas yogyakarta instructions

  1. Rebus tetelan sampai empuk. Sambil menunggu daging empuk, potong-potong nangka cuci, rebus kurang lebih 15 menit untuk menghilangkan getah. Sisihkan.
  2. Siapkan bumbu2... tumis bumbu sampai harum masukkan nangka, tetelan campur rata masukkan juga air rebusan tetelan... tambahkan santan kara... masukkan telur masak sampai matang dan kuah menyusut.. hidangkan.

Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang dibuat menggunakan bahan baku buah nangka muda. Makanan ini sangat populer, bahkan membuat kota ini dijuluki sebagai Kota Gudeg. Meskipun bahan bakunya terbilang mudah yakni buah nangka muda tetapi proses pembuatannya jauh dari kata mudah. Resep Gudeg Yogyakarta Bahan-bahan Gudeg Yogyakarta.

Comments

Popular posts from this blog

How to Prepare Yummy Mie ayam wonogiri homemade

Recipe: Delicious Lodeh Daun Singkong

Easiest Way to Prepare Appetizing Bakmi goreng jawa extra pedas