Recipe: Tasty Opor Ayam Putih

Opor Ayam Putih. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Opor ayam biasanya memiliki bentuk berwarna kuning.

Opor Ayam Putih Resep Opor Ayam - Opor ayam adalah salah satu masakan khas Indonesia yang menjadi hidangan khas lebaran. Resep Opor Ayam - Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam. You can have Opor Ayam Putih using 21 ingredients and 6 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Opor Ayam Putih

  1. You need 1/2 kg of ayam bagian paha.
  2. Prepare of Bumbu Halus.
  3. It's 10 of bawang merah.
  4. You need 4 of bawang putih.
  5. It's 1 ruas of jahe.
  6. Prepare 4 of kemiri (disangrai dulu).
  7. It's 1/2 sdt of merica (disangrai dulu).
  8. Prepare 1/2 sdt of ketumbar (disangrai dulu).
  9. It's of Bahan Cemplung.
  10. It's 5 helai of daun jeruk.
  11. You need 3 helai of daun salam.
  12. Prepare 2 of cabe merah (buang biji, iris memanjang).
  13. Prepare 1 ruas of lengkuas (digeprek).
  14. It's 2 batang of serai (digeprek).
  15. You need of Bahan Pelengkap.
  16. Prepare 2 sdm of atau sesuai selera gula pasir.
  17. You need 1/2 sdm of atau sesuai selera garam.
  18. It's Secukupnya of penyedap (optional).
  19. You need 2 bungkus of Santan (sy pakai Kara).
  20. You need of Tahu (optional).
  21. Prepare of Telur rebus (optional).

Opor ayam kampung merupakan resep masakan khas negara kita yang berkuah kuning kental atau putih. Resep opor memang resep jaman dahulu yang sampai saat ini masih anyak yang menyukainya. Lihat juga resep Opor ayam putih enak lainnya. Lebaran idul adha buat opor dulu, sembari menunggu pembagian daging hehehe.

Opor Ayam Putih step by step

  1. Ulek semua bumbu halus dan iris memanjang cabe merah.
  2. Goreng tahu dan rebus telur. Sisihkan..
  3. Siapkan wajan yg berisi minyak panas dengan api sedang, lalu tumis bumbu halus hingga tidak terasa langu atau hingga berwarna kecoklatan. Masukkan lengkuas, serai, daun salam dan daun jeruk. Tambahkan air secukupnya supaya tidak gosong. Sisihkan..
  4. Ambil panci, isi air dan masukkan ayam yg sudah dicuci bersih. Tambahkan air untuk kuah opornya, banyaknya air dikira2 sendiri ya, sesuaikan dgn selera. Jika Ayam sudah setengah matang, masukkan bumbu halus yg sudah ditumis tadi. Rebus dgn ayamnya sekitar 15 menit. Aduk-aduk lalu masukkan irisan cabe merah. Tambahkan gula, garam dan penyedap. Tes rasa..
  5. Jika rasanya sudah sesuai selera, masukkan santan, sambil terus diaduk-aduk supaya santan tidak pecah/menggumpal. Jika santan sudah menyatu rata dgn kuahnya, masukkan telur dan tahu. Aduk-aduk hingga mendidih. Lalu, matikan api kompor..
  6. Opor Ayam siap disajikan..

Setiap daerah juga selalu menghidangkan opor ayam pada saat lebaran. Untuk olahan opor ayam sendiri terdapat dua macam, yaitu opor ayam kuning dan putih. Resep Opor Ayam Putih Sederhana Spesial Lebaran Asli Enak. Kalau kreasi olahan ayam berikut ini, dibuat dengan kuah spesial ayam masak putih. Rasanya yang lezat dan gurih dengan perpaduan.

Comments

Popular posts from this blog

How to Prepare Yummy Mie ayam wonogiri homemade

Recipe: Delicious Lodeh Daun Singkong

Easiest Way to Prepare Appetizing Bakmi goreng jawa extra pedas