Recipe: Perfect Opor Ayam Kentang

Opor Ayam Kentang. Assalamu Alaikum wr wb Ini dia menu yang wajib ada di Hari Lebaran bagi sebagian orang terutama masyarakat suku Bugis di Sulawesi. dan kentang, masak dengan api kecil hingga matang • Masukkan santan kental aduk hingga mulai mendidih, matikan api • Sajikan selagi panas dengan taburan bawang goreng. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. - Masukan tumisan bumbu ke rebusan ayam, tambahkan kentang, Masukkan garam serta kaldu - Jika. Kelezatan opor ayam, terletak pada perpaduan bumbu, kuah kental dan kelembutan daging ayam.

Opor Ayam Kentang Penyajiannya pun biasanya lengkap dengan lontong, ketupat dan kerupuk udang yang. Cara Membuat Opor Ayam - Versi Wikipedia opor ayam merupakan masakan yang terkenal di Masakan opor ayam ini terbuat dari ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang. Antara lain ialah opor ayam tahu bumbu kuning, opor ayam pedas, opor ayam kampung, dan opor ayam kentang. You can have Opor Ayam Kentang using 16 ingredients and 5 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Opor Ayam Kentang

  1. You need 3 potong of ayam.
  2. Prepare 3 buah of kentang, potong jadi 8 per buah.
  3. It's 200 ml of santan (saya pake kara).
  4. You need 100 ml of air.
  5. It's of Bumbu Halus:.
  6. Prepare 5 siung of bawang merah.
  7. You need 3 siung of bawang putih.
  8. Prepare 3 cm of jahe.
  9. Prepare 1/2 sdt of ketumbar (saya pake bubuk).
  10. It's 1/4 sdt of lada bubuk.
  11. Prepare 2 buah of kemiri.
  12. It's of Bahan Cemplung:.
  13. Prepare 2 cm of lengkuas.
  14. Prepare 1 batang of serai.
  15. You need 2 lembar of daun jeruk.
  16. It's 1 lembar of daun salam.

Dimana masing-masing resep tersebut mempunyai varian rasa yang berbeda, yang. Cara membuat opor ayam sederhana: Bersihkan ayam dan potong-potong. Setelah santan terihat menyusut, tambahkan santan kental bersamaan dengan bumbu lainnya. Opor ayam ini pada dasarnya lebih identik dengan perayaan hari raya idul fitri.

Opor Ayam Kentang instructions

  1. Tumis bumbu halus bersama bahan cemplung hingga wangi, lalu masukkan potongan ayam tumis aduk merata.
  2. Tambahkan potongan kentang, aduk hingga tercampur bumbu secara merata.
  3. Masukkan air dan santan, aduk aduk, tambahkan garam dan gula.
  4. Masak hingga santan mendidih dengan api kecil, korekai rasa, jangan lupa untuk diaduk, hingga santan mengental dan terlihat minyaknya keluar (menggunakan santan asli akan lebih sukses keluar minyak dan sesuai kekentalan opornya daripada menggunakan santan kemasan).
  5. Siap disajikan, saya buat 2 versi untuk opor versi original dan satu lagi saya variasikan pedas 😊 jadi saya tambahkan cabe rawit utuh.

Karena hidangan berkuah yang nikmat ini selalu dijadikan sayur sebagai pelengkap ketupat. Jelang Ramadhan biasanya Opor Ayam akan menjadi makanan wajib kamu pada saat merayakan Idhul Fitri. Aneka kreasi resep opor ayam yang enak dengan menggunakan variasi bumbu-bumbu sederhana. Opor ayam adalah masakan ayam berkuah kental yang berasal dari santan serta paduan bumbu. Setelah mendidih, masukkan santan kental, aduk-aduk perlahan sambil menunggu hingga matang.

Comments

Popular posts from this blog

How to Prepare Yummy Mie ayam wonogiri homemade

Recipe: Delicious Lodeh Daun Singkong

Easiest Way to Prepare Appetizing Bakmi goreng jawa extra pedas