How to Make Tasty Sayur Lodeh Terong, Tempe Semangit

Sayur Lodeh Terong, Tempe Semangit. Resep sayur lodeh terong ini mungkin merupakan salah satu jenis masakan resep sayur yang sangat populer. Sayur lodeh terong bulat tahu tempe. foto: Instagram/@yoanrosalien. Potong kotak tempe semangit sisihkan b.

Sayur Lodeh Terong, Tempe Semangit Bumbu sayur lodeh terong cukup sederhana, seperti : bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan bumbu lainnya. Bahkan mantan presiden RI yakni bapak Suharto sangat gemar dengan sayur lodeh ini. Boleh dibilang kalau pulau jawa menjadi gudangnya. You can cook Sayur Lodeh Terong, Tempe Semangit using 17 ingredients and 5 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Sayur Lodeh Terong, Tempe Semangit

  1. Prepare 2 buah of terong ungu, kupas sebagian kulitnya, potong potong.
  2. You need Seikat of kecil kacang panjang, potong potong.
  3. Prepare 1 papan of tempe semangit, potong dadu.
  4. It's 1/2 ruas of lengkuas, geprek.
  5. You need 2 lembar of daun salam.
  6. It's 4 buah of cabai hijau besar, potong potong.
  7. It's of Santan encer dari 130 ml santan instant + 470 ml air.
  8. You need of Santan sedang dari 65 ml santan instant + 55 ml air.
  9. It's of Bumbu Halus :.
  10. It's 7 siung of bawang merah.
  11. You need 5 siung of bawang putih.
  12. Prepare 4 buah of cabai merah besar.
  13. Prepare 7 buah of cabai rawit.
  14. Prepare 1/2 buah of tomat.
  15. Prepare 1 sdm of gula merah.
  16. It's 1 sdt of garam.
  17. It's 1 sdt of kaldu jamur.

Sayur Lodeh - Sayur lodeh yang disebut jangan lodeh / jangan lodheh (versi Jawa) adalah salah satu masakan sayuran dengan bumbu bersantan yang Untuk jangan lodeh santan putih encer umumnya menggunakan terong dan tempe sebagai bahan utamanya. Resep sayur lodeh terong ini bisa menjadi referensi untuk anda dalam menyajikan sayur. Ya sayur lodeh adalah sayur khas yang berasal dari Indonesia. Kekhasan dan kesederhanaannya mampu membuat sayur yang satu ini memiliki ruang tersendiri di hati.

Sayur Lodeh Terong, Tempe Semangit instructions

  1. Siapkan bahan..
  2. Blender bumbu halus (bisa pakai ulekan). Tumis hingga harum kemudian masukkan lengkuas dan daun salam. Tumis hingga matang..
  3. Masukkan tempe, terong dan cabai hijau. Aduk rata kemudian masukkan santan encer. Masak hingga terong setengah matang..
  4. Masukkan kacang panjang dan santan sedang..
  5. Aduk rata. Koreksi rasa. Masak hingga semua matang. Sajikan bersama lauk pelengkap ikan asin mujair, klotok makin mantap 👍.

Tunggu sampai sayur lodeh benar-benar mendidih dan bagian terong nya sudah empuk. Jika sudah matang angkat, sayur lodeh terong sudah siap untuk disantap bersama keluarga. Tambahkan krupuk atau lauk lainnya agar bisa menikmati sayur. Langkah-langkah resep sayur lodeh terong : Tumis bawang merah dan bawang putih sampai layu, kemudian anda bisa masukkan cabe, teri, Laos, daun salam dan tomat sampai harum. Sajian sayur bersantan ini sangat gurih, segar, namun rasanya ringan.

Comments

Popular posts from this blog

How to Prepare Yummy Mie ayam wonogiri homemade

Recipe: Delicious Lodeh Daun Singkong

Easiest Way to Prepare Appetizing Bakmi goreng jawa extra pedas