Easiest Way to Cook Perfect Sop Kerbau Khas Kudus

Sop Kerbau Khas Kudus. KUDUS (wartakudus.id) - Tidak hanya kondang sebagai Kota Kretek dan sejarah penyebaran Islam di Tanah Jawa, Kabupaten Kudus juga terkenal dengan aneka kuliner yang lezat dan bikin lidah Salah satunya adalah soto kebo atau soto kerbau dengan rasa khas dan nendang di lidah. Pada awalnya, soto khas kota kretek ini menggunakan daging kerbau sebagai bahan utama. Akan tetapi, kini daging kerbau mulai tergantikan oleh daging ayam karena teksturnya yang lebih empuk, sehingga tidak memerlukan waktu pemasakan yang lama.

Sop Kerbau Khas Kudus Penjual Nasi pindang kerbau di Kudus dapat anda temui di kompleks Taman Bojana, sebelah timur kantor Pendopo Kudus. Makanan khas kudus yang selanjutnya adalah nasi pindang kerbau ini. Melihat dari namanya saja, anda tentu sudah bisa menebak bahwa makanan ini Untuk sate kerbau ini adalah makanan yang cukup difavoritkan oleh masyarakat di Kudus. You can cook Sop Kerbau Khas Kudus using 14 ingredients and 6 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Sop Kerbau Khas Kudus

  1. Prepare 250 gr of Daging kerbau.
  2. It's 1/4 buah of Kubis, iris tipis.
  3. It's 1 bungkus of kecambah, di rendam air panas.
  4. You need 2 buah of Tomat iris tipis.
  5. Prepare 2 buah of Wortel direbus sampai matang.
  6. You need 2 batang of Daun bawang seledri iris halus.
  7. Prepare of Bumbu halus:.
  8. It's 4 siung of bawang putih.
  9. You need 2 siung of bawang merah.
  10. You need 1 sdt of merica.
  11. Prepare of Sambal:.
  12. You need of Cabe rawit rebus, lalu uleg.
  13. You need of Pelengkap:.
  14. It's of Kecap manis, jeruk nipis (saya pas ngga ada jeruk),bawang goreng.

Dalam cara masaknya pun daging kerbau ini dicincang. Soto kerbau khas Kudus bersama para pelengkapnya. (indonesia-campur.blogspot.com). Berbeda dengan kebanyakan soto yang menggunakan daging ayam atau sapi, soto Kudus memakai daging kerbau. Ya, warga Kudus memang lebih familiar dengan daging kerbau ketimbang daging lainnya.

Sop Kerbau Khas Kudus step by step

  1. Cuci bersih daging, iris, lalu dipukul2 dengan ulegan agar cepat empuk. Rebus, tambahkan garam, rebus dengan api kecil,dijamin empuk mirip tahu ๐Ÿ˜‚.
  2. Siapkan sayurannya, kubis diiris halus, wortel direbus dulu, kecambah rendam air panas, tomat, daun bawang, seledri..
  3. Uleg bumbu halus, tumis sampai wangi. Masukkan bumbu dalam kaldu, rebus sampai meresap.
  4. Tambahkan sebagian daun bawang dan seledri, beri garam kaldu bubuk, tes rasa. Jika sudah enak, yukmari sajikan di mangkok mumpung panas2...
  5. Susun nasi dalam mangkok, tambahkan sayuran, siram kuah kaldu, tambahkan seledri, bawang merah goreng, kecap, sambal..
  6. Seger banget lho, buat makan siang lauknya tempe goreng garing๐Ÿ˜‹.

Soto atau sop kerbau adalah makanan khas Kota Kudus, Jawa Tengah. Pasti telinga kita merasa asing dan aneh mendengar menu masakan soto atau sop kerbau, karena yang biasa dijajakan adalah Soto Ayam atau Soto Sapi. Bu Saki pemilik dari rumah makan soto kerbau & pindang kerbau itu memulai usaha kuliner khas kota kudus,yang diteruskan oleh Bu Karmi anak dari Bu Saki. Makanan khas Kudus selanjutnya adalah Nasi Pindang yang berasal dari desa Colo Kudus. Lihat juga resep Soto Kerbau ala Kudus enak lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

How to Prepare Yummy Mie ayam wonogiri homemade

Recipe: Delicious Lodeh Daun Singkong

Easiest Way to Prepare Appetizing Bakmi goreng jawa extra pedas