Recipe: Yummy Gudeg Komplit (Gudeg Nangka)

Gudeg Komplit (Gudeg Nangka). Gudeg ini memang bukan gudeg biasa karena dapat membakar lidah Anda! Sayur kreceknya yang superpedas dan manisnya gudeg berpadu membuat rasa "nano-nano" nikmat yang banyak diburu. Tidak heran, lesehan sederhana yang hanya buka di malam hari ini senantiasa ramai pengunjung.

Gudeg Komplit (Gudeg Nangka) Resep gudeg jogja sangat mudah untuk di buat ⭐ bumbu yang di pakai mulai ⭐ dari gula merah air kelapa santan, lengkuas ⏳ dan merica. Cuci nangka yang tadi sudah Anda siapkan, lalu dipotong dadu. Rebus nangka tersebut beberapa menit kemudian tiriskan. You can cook Gudeg Komplit (Gudeg Nangka) using 19 ingredients and 6 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Gudeg Komplit (Gudeg Nangka)

  1. Prepare 1 kg of nangka muda, iris2.
  2. It's of Bumbu Halus :.
  3. It's 10 butir of bawang merah.
  4. Prepare 5 butir of bawang putih.
  5. Prepare 8 butir of kemiri.
  6. Prepare 1 sdm of ketumbar.
  7. Prepare of Bumbu Cemplung :.
  8. It's 6 lbr of daun salam.
  9. You need 3 cm of laos, geprek.
  10. It's 2 batang of serai, geprek.
  11. You need 3 lembar of daun jeruk purut.
  12. It's 150 gr of gula merah, sisir.
  13. You need 1 butir of kelapa, ambil santannya.
  14. You need Sesuai selera of garam gula kaldu jamur.
  15. It's of Tambahan :.
  16. It's of Telur rebus kupas / ayam sesuai selera jumlahnya.
  17. Prepare of Pendamping Gudeng Nangka :.
  18. It's of Ayam Bumbu Areh (lihat resep).
  19. It's of Sambel Krecek (lihat resep).

Bikin gudeg komplit.benar-benar seperti *maha karya* di dapur teman-teman.hihi.lha beneran.butuh ekstra tenaga dan kesabaran. Hai semua.kali ini aku mau ajak kalian buat masakan tradisional dari yogyakarta.kita akan memasak gudeg,opor,sambel goreng krecek dan sambel goreng ati. Gudeg itu sendiri merupakan sajian yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan menggunakan santan. Selain nangka muda, gudeg penyajiannya menjadi lebih spesial dengan ditambahkan bahan pelengkap yang lainnya.

Gudeg Komplit (Gudeg Nangka) step by step

  1. TIPS menghilanglan getah nangka : cuci nangka, rebus dalam air mendidih sampai agak lunak, buang air, lalu tiriskan..
  2. Siapkan bahan dan blender bumbu halus..
  3. Susun dalam kuali (saya pakai panci): Bumbu cemplung, atasnya lagi bumbu halus, atasnya lagi nangka, lalu siram air santan..
  4. Masak dengan api kecil dan tutuplah panci. Ungkep selama 5 jam..
  5. Masukkan telur rebus kupas saat santan sudah mulai berkurang. Lanjut ungkep lagi. Kalau mau gudeg kering, ungkep sampai santan habis. Masukkan gula gara kaldu jamur sesuai selera..
  6. Gudeg siap dinikmati🥰 kalau saya kebetulan krn lg rindu banget sama gudeg sagan jogja, bela2in sampai bikin sambel krecek dan ayam telur bumbu arehnya juga untuk sensasi gurihnya sbg pendamping gudeg nangka. Disana tipe gudeg basah dengan manis dan gurih yg pas sesuai selera saya. Karena saya tdk terlalu suka gudeg yg manis hehe.

Gudheg) adalah makanan khas Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Namun, tidak semua gudeg di Yogyakarta nikmat dan bercita rasa khas. Kamu harus pandai mencari yang dimasak dengan pas hingga rasa aslinya bisa memuaskan lidah dan juga perut. Gudeg biasanya dibuat dari gori atau nangka muda.

Comments

Popular posts from this blog

How to Prepare Yummy Mie ayam wonogiri homemade

Recipe: Delicious Lodeh Daun Singkong

Easiest Way to Prepare Appetizing Bakmi goreng jawa extra pedas