Recipe: Appetizing Sosis Solo Kukus (Sosis Basah)

Sosis Solo Kukus (Sosis Basah). Hai haai, jajanan yang Solo banget nih! SOSIS SOLO KUKUS (SOSIS BASAH) #resep #caramembuat Resep lengkap bisa dilihat juga di. Salah satu kuliner khas kota Solo Jawa Tengah adalah sosis solo yang pada umumnya dimasak dengan cara digoreng, namun ada juga sosis solo yang dikukus.

Sosis Solo Kukus (Sosis Basah) Perpaduan kulit dengan isian daging yang juicy ini membuat rasanya sangat lezat dan tak cukup satu buah saja ketika melahapnya. salah satu kuliner khas kota Solo Jawa Tengah adalah sosis solo yang pada umumnya dimasak dengan cara digoreng, namun ada juga sosis solo yang dikukus seperti ini yang tidak kalah enaknya Видео Resep Cara Membuat Sosis Solo Kukus/Basah канала Hernings Kit. Resep Sosis Solo Goreng Isi Daging Sederhana Spesial isi daging Asli Enak Untuk Jualan. Cara memasaknya setelah sosis sudah jadi maka siap untuk di goreng ada juga masaknya dengan cara dikukus, dikenal dengan sebutan sosis solo kukus atau sosis solo basah. You can have Sosis Solo Kukus (Sosis Basah) using 30 ingredients and 8 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Sosis Solo Kukus (Sosis Basah)

  1. It's of Bahan isian:.
  2. It's 50 gr of fillet dada ayam (haluskan).
  3. Prepare 50 gr of daging sapi giling.
  4. Prepare 1 bh of wortel ukuran kecil (parut).
  5. You need 1 bh of telur ayam (kocok).
  6. It's 2 siung of bawang putih (cincang).
  7. You need 2 siung of bawang merah (cincang).
  8. Prepare 1/4 bh of bawang Bombay (cincang).
  9. You need 1 bh of daun salam.
  10. It's 2 bh of daun jeruk.
  11. You need 1 sdt of Gula pasir (sesuaikan).
  12. Prepare 1/2 sdt of Garam (sesuaikan).
  13. Prepare 1/2 sdt of Kaldu jamur (sesuaikan).
  14. It's 1/4 sdt of Merica bubuk (sesuaikan).
  15. It's 1/4 sdt of Pala bubuk (sesuaikan).
  16. It's 1/4 sdt of jintan (skip).
  17. Prepare 1/2 bgks of santan instan atau 1/4 bh kelapa.
  18. It's 100 ml of air (untuk santan).
  19. It's of Bahan kulit:.
  20. You need 3 bh of telur ayam.
  21. Prepare 3 sdm of air matang (kalau adonan kurang encer bisa tambahkan air).
  22. It's 1 sdm of minyak sayur.
  23. It's 1 sdm of tepung terigu (boleh skip).
  24. You need 1/2 sdt of Garam.
  25. You need 1/2 sdt of Kaldu jamur.
  26. You need 1/4 sdt of Garlic powder.
  27. Prepare of Bahan tambahan:.
  28. It's 3 sdm of minyak sayur.
  29. It's 1 sdm of margarin.
  30. It's 10 bh of Cabe rawit.

KOMPAS.com - Sosis solo bukanlah sosis yang kita kenal pada umumnya. Jika sudah siapkan dan sajikan hangat-hangat. Kamu kamu suka pedas bisa sajikan dengan. resep sosis solo. Sosis Solo adalah makanan khas dari Kota Solo propinsi Jawa Tengah yang terbuat dari daging sapi atau ayam digiling kemudian dibungkus dengan dadar telur.

Sosis Solo Kukus (Sosis Basah) instructions

  1. Siapkan bahan isian dan bahan kulit sosis..
  2. Membuat bahan isian: Haluskan daging ayam menggunakan chopper/blender, sisihkan. Parut wortel, sisihakn. Cincang bawang merah, bawang putih dan bawang bombay, sisihkan..
  3. Tumis trio bawang sampai harum, tambahkan daun salam dan daun jeruk, aduk rata. Masukkan daging ayam dan daging giling aduk hingga berubah warna. Tambahkan garam, lada, kaldu jamur, gula pasir, aduk rata. Tambahkan air dan santan instan..
  4. Koreksi rasa, masak hingga matang, air menyusut dan mengering, angkat dan sisihkan. Kocok lepas 1 butir telur, tuang ke dalam tumisan daging, aduk rata, sisihkan..
  5. Membuat kulit: Campur semua bahan kulit, kocok hingga rata. Boleh disaring supaya tidak ada yang bergerindil..
  6. Siapkan teflon, olesi dengan minyak goreng/margarin, lap dengan tisu makan. Dadar hingga matang. Lalu isi dengan adonan isi, lipat & gulung rapat. Lakukan sampai habis. Aku pakai teflon ukuran 24 cm. Kalau dadaran kulit terlalu kental (hasilnya tebal), bisa ditambahi air lagi. Kalau dadaran kulit terlalu encer (hasilnya tipis sekali), bisa ditambahkan telur. Lakukan sampai adonan habis..
  7. Panaskan kukusan, olesi angsangnya dengan minyak goreng dulu supaya tidak lengket. Masukkan sosis yang telah digulung, lalu kukus selama 25 menit..
  8. Siap disajikan dengan cabe rawit/saos sambal. Selamat mencoba..

Makanan ini diadopsi dari sosis pada zaman penjajahan Belanda yang kemudian diubah dan disesuaikan dengan bumbu dan gaya lokal. Ada dua cara pengolahan sosis Solo, yaitu sosis basah dan sosis goreng. Sosis Solo ini memiliki bentuk seperti lumpia, namun bagian dalamnya berisi daging yang di cincang dengan di beri bumbu racikan khusus yang memberikan sensasi kenikmatan yang luar biasa. Tetapi tidak perlu untuk khawatir walaupun isi nya terbuat dari bumbu yang khusus, kita bisa memakai resep. Untuk resep kulitnya, masih sama dengan kulit Sosis Solo yang isi ayam yang sudah pernah aku posting di SINI.

Comments

Popular posts from this blog

How to Prepare Yummy Mie ayam wonogiri homemade

Recipe: Delicious Lodeh Daun Singkong

Easiest Way to Prepare Appetizing Bakmi goreng jawa extra pedas