Recipe: Yummy Gudeg Jogja

Gudeg Jogja. Gudeg.net- Walaupun meniadakan rangkaian Hajad Dalem Muludan peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW tetapi Keraton Yogyakarta tetap akan malaksanakan sejumlah tradisi bagi kalangan. Yuk, simak beberapa Gudeg terkenal dan enak di Jogja yang sudah dirangkum garasi jogja. Bagi sebagian besar masyarakat Jogja sudah tau dengan pamor Gudeg yang satu ini.

Gudeg Jogja Gudeg Jogja - Bingung mencari tempat makan gudeg khas Yogyakarta yang lezat? Gudeg Jogja paling enak dan terkenal yang wajib dikunjungi pertama adalah Gudeg Yu Djum. Untuk resep Gudeg Jogja sendiri menggunakan buah nangka yang tidak terlalu tua, tetapi juga tidak terlalu muda. You can have Gudeg Jogja using 30 ingredients and 5 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Gudeg Jogja

  1. You need of Bahan Sayur Nangka :.
  2. Prepare of Daun jati/teh celup (sy pake teh celup krn dsni ga ada daunjati).
  3. Prepare 1 bungkus of sayur nangka muda / 600gr.
  4. It's 2 of bongol gula merah.
  5. Prepare 2 lembar of daun salam.
  6. You need 1 ruas of jahe dan 1ruas lengkuas.
  7. You need 1/4 ml of Santan.
  8. You need of Bahan Tumisan utk sayur :.
  9. You need 6 siung of Bawang merah.
  10. You need 4 siung of Bawang putih.
  11. You need 4 biji of kemiri.
  12. It's 1/2 sdt of ketumbar.
  13. You need 1/4 sdt of jintan bubuk.
  14. Prepare 30 gr of gula merah sesuai manis yg diingkan.
  15. Prepare 1/2 sdt of terasi bakar.
  16. Prepare secukupnya of Garam.
  17. Prepare of Bahan SamGor Krecek :.
  18. You need of Kulit rambak sapi (sya pake krupuk rambak).
  19. You need 6 siung of bawang merah iris.
  20. It's 4 siung of bawang putih iris.
  21. You need 1 ruas of Lengkuas geprek,.
  22. It's sejempol of jahe geprek.
  23. You need 2 lembar of daun salam.
  24. It's 1/2 sdt of garam.
  25. It's 1 sdm of gula.
  26. You need 1 sdm of kaldu jamur.
  27. Prepare of Bumbu Halus SamGor :.
  28. Prepare 6 of siung bawang merah.
  29. It's 4 siung of Bawang putih.
  30. Prepare 2 buah of cabe besar / sesuai selera.

Resep Gudeg Jogja juga terbilang mudah dan tidak terlalu ribet. Namun, tidak semua gudeg di Yogyakarta nikmat dan bercita rasa khas. Kamu harus pandai mencari yang dimasak dengan pas hingga rasa. Get quick answers from Gudeg Jogja Bu Noenoek staff and past visitors.

Gudeg Jogja step by step

  1. Carbut Sayur Nangka : cuci bersih sayur lalu didihkan air hingga mendidih lalu masukkan sayur nangka. Jika sudah mateng tiriskan agar getah nangka tdk lengket lalu masukkan air lg masukkan nangka td lalu masukkan gula merah, teh celup & kulit bawang hingga air berubah warna dan mendidih matikn kompor.
  2. Haluskan bumbu halus lalu tumis hingga harum lalu masukkan ke dlm nangka yg td d rebus aduk rata. Kemudian masukkan santan aduk hingga air menyusut. Gunakan api kecil yaa.
  3. Carbut SamGor Krecek : rebus terlebih dahulu krupuk / kulit sapi hingga lembut potong² sesuai selera.. Lalu masukkan minyak tumis irisan bawang merah, bawang putih, daunsalam, lengkuas dan jahe hingga harum.
  4. Lalu masukkan bumbu halus aduk hingga rata.
  5. Lalu masukkan santan trs masukkan air secukupnya beri garam, gula dan kaldu jamur lalu masukkan krupuk kulit ato kulit sapi yg sudah d rebus aduk hingga rata dan kulit rambak tdk keras. Masukkan cabe rawit aduk sbntr. Lalu matikan kompor sajikan.

Note: your question will be posted publicly on the Questions & Answers page. Resep Gudeg Jogja Asli - Tiap-tiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing. Daerah Sumatra Barat memiliki makanan khas berupa rendang. Jogja memang tepat jika dijuluki sebagai Kota Gudeg, karena di setiap sudut kotanya bisa dengan mudah menemukan kuliner legendaris berbahan gori ini. Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah cara membuat gudek jogja yaitu dari nangka muda yang dimasak dengan santan.

Comments

Popular posts from this blog

How to Prepare Yummy Mie ayam wonogiri homemade

Recipe: Delicious Lodeh Daun Singkong

Easiest Way to Prepare Appetizing Bakmi goreng jawa extra pedas