How to Prepare Delicious Mie Kopyok/Mie Lontong Semarang

Mie Kopyok/Mie Lontong Semarang. Mie Kopyok khas Semarang enak lainnya. Mie kopyok (Hanacaraka:ꦩꦶꦪꦼ ꦏꦺꦴꦥꦾꦺꦴꦏ꧀) adalah hidangan berbahan dasar mie dari Semarang. Dengan ciri khas irisan tetelan daging dan tambahan tahu dan kerupuk gendar di atasnya.

Mie Kopyok/Mie Lontong Semarang Warung mie kopyok pertama terletak di Jalan Tanjung Semarang. Usia mie kopyok ini sudah lumayan lama. Jadi, tidak salah jika mie kopyok menjadi Mie kopyok terdiri dari mie, irisan tahu, lontong, tauge, bawang goreng, irisan daun seledri. You can have Mie Kopyok/Mie Lontong Semarang using 13 ingredients and 5 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Mie Kopyok/Mie Lontong Semarang

  1. You need of Bahan Kuah.
  2. You need 5 siung of bawang putih.
  3. Prepare 1 1/2 sdt of garam.
  4. You need 1 sdt of gula pasir.
  5. You need 500 ml of air.
  6. You need of Bahan Pelengkap.
  7. It's 2 buah of lontong.
  8. You need 2 genggam of mie kuning basah.
  9. It's 1 genggam of kecambah.
  10. It's 4 buah of tahu.
  11. It's 1 batang of seledri iris kecil.
  12. Prepare Secukupnya of bawang goreng.
  13. Prepare Secukupnya of kerupuk gendar.

Setelah itu, ditaburi kerupuk gendar yang sudah. Mie kopyok adalah hidangan berbahan dasar mie yang dari Semarang. Dengan ciri khas irisan tetelan daging dan tambahan tahu dan kerupuk gendar diatasnya. Lalu mi dan kecambah yang sudah dicelup tadi ditiriskan dan ditaruh di atas irisan tahu pong dan lontong.

Mie Kopyok/Mie Lontong Semarang instructions

  1. Haluskan bawang putih. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan bawang putih halus, garam, dan gula. Cek rasa, jika kurang pas bisa ditambahkan sesuai selera. Tunggu hingga mendidih..
  2. Rebus mie kuning dan kecambah hingga matang, lalu tiriskan..
  3. Goreng tahu hingga matang, potong potong sesuai selera..
  4. Potong potong lontong dan letakkan di atas piring..
  5. Tambahkan mie rebus, kecambah, tahu, kerupuk, seledri dan bawang merah goreng. Guyur dengan kuah yang sudah matang. Tambahkan kecap di atasnya..

Suasana Mie Kopyok Pak Dhuwur Semarang/Dewi Rachmanita Syiam. Ceritanya, dalam perjalanan menuju Stasiun Poncol, perut saya mulai Setelah mencoba komponen mie kopyok satu per satu, saya lantas mengaduknya secara merata. Saya memotong lontong, lalu mi kuning, taoge goreng. Mie Kopyok adalah makanan tradisional berbahan dasar mie yang di campur dengan irisan tahu, lontong, tauge dan kerupuk gendar. Mie Kopyok merupakan salah satu makanan tradisional khas Semarang, Jawa tengah.

Comments

Popular posts from this blog

How to Prepare Yummy Mie ayam wonogiri homemade

Recipe: Delicious Lodeh Daun Singkong

Easiest Way to Prepare Appetizing Bakmi goreng jawa extra pedas