Recipe: Yummy Sop Jawa Ayam Kampung

Sop Jawa Ayam Kampung. Jika mendengar menu sop lalu jangan mengira sop ini lengkap berisi ayam suwir dan aneka sayuran. Sebab ciri khas sajian ini adalah sop ayam lengkap dengan tulangnya, tanpa sayur, berkuah super lezat dan gurih, dan bertabur irisan daun seledri. Sop ini biasa disajikan dengan sepiring nasi hangat.

Sop Jawa Ayam Kampung Sedangkan bibit betinanya berasal dari ayam ras petelur biasa. Resep Sop Ayam Kampung, Hangat Sedapnya Dapet Banget Di tengah musim hujan begini, memang paling pas makan Sop. Sop Ayam Kampung Banjar diracik dari ayam kampung asli jantan dan tambahan kaldu yang dihasilkan dari rebusan ayam yang sudah diungkep/dibacem terlebih dahulu dengan garam dan bumbu rempah-rempah rahasia keluarga. You can cook Sop Jawa Ayam Kampung using 17 ingredients and 5 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Sop Jawa Ayam Kampung

  1. Prepare 1/2 ekor of ayam kampung, potong menjadi bbrp bagian kecil.
  2. You need 1 bh of jeruk nipis.
  3. Prepare 1 bh of wortel.
  4. It's 5 lembar of daun kol/kubis.
  5. You need 1 bh of kentang.
  6. It's 2 helai of daun bawang, iris tipis.
  7. It's 1 helai of daun seledri, iris tipis utk taburan.
  8. You need 500-750 ml of air (sesuaikan).
  9. Prepare of 🥗 Bumbu :.
  10. It's 4 siung of bawang putih, cincang halus.
  11. You need 1/4 bh of bawang bombay, iris tipis.
  12. It's 2 butir of kemiri, haluskan.
  13. It's 1/2 sdt of lada putih bubuk.
  14. Prepare 1/2 sdt of gula pasir.
  15. You need 1 sdt of kaldu jamur.
  16. You need secukupnya of garam.
  17. You need secukupnya of bawang merah goreng utk taburan.

Alhasil, daging ayam yang dikunyah terasa manis dan gurih. Ayam Kampung Super (Joper) merupakan persilangan dari ayam bangkok (jantan) dan ayam petelur (betina). Jenis ayam kampung super adalah jenis usaha yang cukup menggiurkan, permintaan daging ayam ini mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Daging ayam kampung direbus bersama dengan bumbu soto lamongan lainnya sehingga lebih meresap.

Sop Jawa Ayam Kampung step by step

  1. Siapkan bahan.
  2. Cuci bersih ayam, kucuri dg perasan jeruk nipis. diamkan 15 menit. cuci bersih kembali. Rebus sampai empuk, sisihkan.
  3. Haluskan kemiri, cincang bawang putih dan bombay. iris2 kentang, wortel dan daun kol. tumis bawang putih dan bombay hingga harum.
  4. Masukkan ke rebusan ayam td, masukkan jg wortel dan kentang. Rebus hingga wortel dan kentang empuk. masukkan daun kol, kaldu jamur, lada putih bubuk, gara. campur2, koreksi rasa. terakhir masukkan daun bawang, aduk sebentar, matikan kompor. taburi dg irisan daun seledri.
  5. Sajikan hangat dengan taburan bawang goreng 🤤🥰.

Setelah matang daging ayam disuwir dan sajikan lalu sisa tulang atau ayamnya masukkan kembali kedalam kuah sotonya. Jangan lupa menambahkan koya saat akan disajikan. Selain sop ayam, sop iga sapi juga sangat digemari para pecinta kuliner. Banyak kedai maupun restoran yang khusus menyediakan masakan ini. Tetapi sebenarnya kita juga bisa menyajikan sendiri di rumah jika mengetahui cara membuat sop iga yang enak. resep soto lamongan jawa timur dan cara membuat soto ayam lamongan koya serta olahan Soto ayam jawa dan resep rahasia soto lamongan asli cak har Hidangan soto, merupakan sajian berkuah mirip dengan sop yang tebuat dari kaldu daging dan beberapa sayuran.

Comments

Popular posts from this blog

How to Prepare Yummy Mie ayam wonogiri homemade

Recipe: Delicious Lodeh Daun Singkong

Easiest Way to Prepare Appetizing Bakmi goreng jawa extra pedas