Recipe: Perfect Gudeg Jogja

Gudeg Jogja. Gudeg.net- Walaupun meniadakan rangkaian Hajad Dalem Muludan peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW tetapi Keraton Yogyakarta tetap akan malaksanakan sejumlah tradisi bagi kalangan. Yuk, simak beberapa Gudeg terkenal dan enak di Jogja yang sudah dirangkum garasi jogja. Bagi sebagian besar masyarakat Jogja sudah tau dengan pamor Gudeg yang satu ini.

Gudeg Jogja Gudeg Jogja - Bingung mencari tempat makan gudeg khas Yogyakarta yang lezat? Gudeg Jogja paling enak dan terkenal yang wajib dikunjungi pertama adalah Gudeg Yu Djum. Untuk resep Gudeg Jogja sendiri menggunakan buah nangka yang tidak terlalu tua, tetapi juga tidak terlalu muda. You can cook Gudeg Jogja using 16 ingredients and 4 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Gudeg Jogja

  1. You need 4 potong of nangka (ga tau brp gram. Resep asli 800gr mpe 1kg).
  2. It's 4 btr of telur, direbus.
  3. It's of Bahan Cemplung.
  4. It's 6 lbr of daun jambu batu.
  5. You need 6 lbr of daun salam.
  6. You need 2 lbr of daun jeruk.
  7. You need 2 btng of sereh, digeprek.
  8. It's 3 cm of lengkuas, digeprek.
  9. Prepare 150 gr of gula merah, disisir.
  10. You need 130 ml of santan kara (resep aslinya santan dari 1 btr kelapa).
  11. It's 500 ml of air.
  12. You need of Bumbu Halus.
  13. It's 10 bh of bawang merah.
  14. It's 4 bh of bawang putih.
  15. Prepare 8 btr of kemiri.
  16. It's 1 sdm of ketumbar.

Resep Gudeg Jogja juga terbilang mudah dan tidak terlalu ribet. Namun, tidak semua gudeg di Yogyakarta nikmat dan bercita rasa khas. Kamu harus pandai mencari yang dimasak dengan pas hingga rasa. Get quick answers from Gudeg Jogja Bu Noenoek staff and past visitors.

Gudeg Jogja step by step

  1. Nangka dipotong2, lalu direbus dulu supaya hilang getahnya..
  2. Haluskan bumbu halus. Susun bahan cemplung di dalam kuali: daun jambu, daun salam, daun jeruk (daun ini hampiiiir aja ketinggalan), sereh dan lengkuas yg sudah digeprek. Lalu masukkan bumbu halus, gula merah yg sudah disisir, kemudian nangka yg sudah direbus. Cairkan santan kara dgn air, lalu masukkan juga. Jangan lupa diberi garam. Rebus semua bahan tsb dlm kuali tertutup dgn api kecil. Saya merebusnya +/- 3 jam di malam hari (krn masaknya malam, sepulang kantor), dilanjut paginya..
  3. Setelah santan sedikit menyusut, masukkan telur yg sudah direbus. Lagi masak, tiba2 saya keinget punya tahu kulit di kulkas, jadi sekalian saya masukin. Masak sampai santan mengering. Test rasa sebelum santan mengering. Jika kurang manis, bisa ditambah gula. Kalau buat saya 150 gr gula merah (3 blok) sudah manis banget!.
  4. Setelah santan/nangka mengering, gudeg siap disajikan. Saya sekalian bikin opor tahu dan sambel goreng krecek biar afdol!.

Note: your question will be posted publicly on the Questions & Answers page. Resep Gudeg Jogja Asli - Tiap-tiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing. Daerah Sumatra Barat memiliki makanan khas berupa rendang. Jogja memang tepat jika dijuluki sebagai Kota Gudeg, karena di setiap sudut kotanya bisa dengan mudah menemukan kuliner legendaris berbahan gori ini. Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah cara membuat gudek jogja yaitu dari nangka muda yang dimasak dengan santan.

Comments

Popular posts from this blog

How to Prepare Yummy Mie ayam wonogiri homemade

Recipe: Delicious Lodeh Daun Singkong

Easiest Way to Prepare Appetizing Bakmi goreng jawa extra pedas